RAGAM GERAK TARI GAMBIR ANOM DAN DOLALAK
J RAGAM GERAK TARI GAMBIR ANOM DAN
DOLALAK
r
J
Ragam Gerak Tari Gambir Anom1. Jengkeng
yaitu dengan posisi kaki kanan diduduki dan kaki kiri dibuk sebar bahu dengan badan tegak
adalah gerakan yang bertujuan memberikan salam kepada orang yang menyaksikannya.
3. Hoyog
yaitu gerakan badan yang dicondongkan kesamping kanan atau kiri dan kedua lutut sedikit ditekuk.
4. Entrag
adalah mengentakkan badan kebawah berkali-kal seolah mengeper.
5. Menthang
yaitu meluruskan tangan kesamping.
6. Panggel
adalah mengadu pangkal kedua pergelangan tangan.
7. Nyekithing
yaitu ujung jari tengah berhimpitan dengan ujung ibu jari membentuk lingkaran.
8. Trap
jamang adalah satu jari tangan nyekithing disamping telinga sedangkan yang ainnya jari rapat dan lurus di depan kening dengan posisi tangan menghadap ke bawah.
9. Ulap-ulap adalah menggerakkan jari-jari tangan diatas kepala.
10. Ukel yaitu memutar pergelangan tangan.
11. Tawing-taweng salah satu tangan disamping telinga dengan jari tangan lurus dan rapat menghadap kebawah dan ibu jari menghadap keatas.
12. Seblak sampur yaitu tangan memegang pangkal sampur dari arah dalam kemudian mengurutkannya menuju jung sampur sambil diluruskan kesamping sejajar lambung.
13. Kebyok mengentakkan sampur kearah dalm sehingga melilit lengan namun ujung sampur tetap dipegang.
14. Kebyak
mengentakkan sampur dari posisi kebyok ke arah luar,ujung sampur tetap dipegang.
15. Debeg
yaitu menghentakkan ujung telapak kaki ,dengan tumpuan pada tumit.
16. Gejug menjatuhkan ujung jari kaki ke belakang.
17. Napak adalah sikap saat melangkah.
18. Kengser
yaitu bergerak kekiri dan kekanan dengan hanya menggeser kedua telapak kaki secara bergantian antara ujung kaki dan tumit
19. Srisig adalah lari keil dengan berjinjit.
20. Tanjak
yaitu berdiri diam dengan kaki kanan serong kekanan didepan kaki kiri tumit kaki kanan sejajar ibu jari kaki kiri dengan jarak satu genggam tangan dan jai kaki kanan mencuat keatas.
21. Trecet
yaitu bergerak kekiri atau kekanan dengan posisi kaki tanjak ,lutut ditekuk,dan telapak kakijinjit lalu geser.
22. Mendak
adalah sikap berdiri dengan kedua lutut ditekuk sesuai dengan posisi telapak kaki.
23. Lumaksono yaitu gerak kaki seperti orang berjalan.
24. Laku telu yaitu gerak kaki seperti lumaksono , namun dilakukan tiga langkah lalu esut.
25. Udal rikma adalah gerakan seperti orang menyisir rambut.
26. Besut
yaitu gerakan menarik kaki kanan dengan posisi semulanya kaki kanan terbuka selebar bahu dan serong kekanan sejajar kaki kiri.
27. Kawilang
ogek lambung adalah gerakan yang menggerakkan perut kekanan dan kekiri.
28. Lilingan
adalah gerakan seperti lumaksono namun arahnya memutar atau seperti mngeliligi.
29. Nggroda
yaitu gerakan siku ditekuk dengan pergelangan tangan menghadap badan.
30. Nyempurit
adalah posisi ibu jari bertemu dengan ujung jari telunjuk.
31. Ledhang
yaitu gerakan tangan melambai seperti orang berjalan.
32. Ukel karno
yaitu memutar pergelangan tangan disamping telinga.
33. Ukel pakis
adalah memutar pergelangan tangan didepan perut.
Ragam Gerak Tari Dolalak
Ragam Gerak Tari Dolalak
Tari Dolalak adalah tarian tradisional peninggalan pada jaman Belanda yang di mainkan oleh beberapa penari pria atau wanita dengan seragam prajurit. Tarian ini merupakan salah satu tarian tradisional khas Purworejo, Jawa tengah. Nama dolalak diambil dari not “Do” dan “La” karena awalnya tarian ini hanya diiringi dengan alat musik dua nada.
Ragam gerak Tari Dolalak :
A. Gerak Kepala
1. Kedet, yaitu gerakan kepala seolah menarik dagu.
2. Gedug, yaitu kepala tegak di gerakan kesamping kanan dan kiri.
3. Gilek, yaitu gerak kepala membuat lengkungan kebawah kiri dan kanan.
4. Godeg cangreud, yaitu gerak gilek diakhiri gerak kedet.
5. Galieur, yaitu gerak halus pada kepala yang dimulai dari menarik dagu, kemudian ditarik dengan leher kembali ke arah tengah diakhiri dengan kedet.
B. Gerak Tangan
1. Ngithing
Ada yang menyebutnya dengan istilah nyekithing. Yaitu posisi tangan dengan ibu jari menempel pada jari tengah, membentukbulatan. Sedangkan jari yang lain ditekuk (menekuk/melengkung ke bawah).
2. Ngrayung
Ngrayung adalah bentuk gerak tangan dengan posisi ibu jari menempel pada telapak tangan, dan keempat jari berdiri dengan posisi jari-jari rapat.
3. Ukel
Gerakan tangan dengan memutar pergelangan tangan berlawanan arah jarum jam, dengan posisi tangan ngithing.
4. Kebyok
Gerak kebyok adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang dihentakkan ke pergelangan tangan dengan menggunakan selendang sehingga selendang menyangkut dipergelangan tangan.
5. Kebyak
Adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang dihentakkan atau dibuang sehingga selendang lepas dan tidak lagi menyangkut di pergelangan tangan. Gerak kebyak dilakukan setelah kebyok.
6. Ulap-ulap
Posisi tangan seperti ngrayung, dengan posisi pergelangan tangan ditekuk dan posisi ibu jari berdiri, terletak lurus pada dahi/kening (seperti hormat).
Ulap-ulap ada 2 yaitu ulap-ulap kanan dan ulap-ulap kiri.
a) Ulap-ulap kanan
Ulap-ulap kanan adalah gerakan tangan kanan menekuk di depan kening, sedang tangan kiri menekuk dipinggang (malangkerik).
b) Ulap-ulap kiri
Ulap-ulap kiri adalah tangan kiri yang menekuk di depan kening, sedang tangan kanan menekuk di pinggang (malangkerik).
7. Seblak
Gerakan menyibak selendang/sampur dari pangkal ikatan selendang sampai merentang lurus kesamping badan. Kemudian arahkan selendang kebelakang. Seblak kanan kearah kanan, seblak kiri kearah kiri dengan tangan kiri, atau secara bersamaan.
C. Gerak Badan
1. Hoyog
2. Engkyek
Gerakan badan dicondongkan ke kiri atau ke kanan, dengan sikap tangan lurus ke samping.
yaitu gerakan arah pandangan.
4. Oklak
Menggerakkan pundak ke depan dan belakang.
5. Entrag
Menghentakkan badan kenbawah berkali-kali, seolah-olah badan mengeper.
6. Kirig
7. Ogek, entrag dan geblag.
D. Gerak Kaki
1. Nggroda
Adalah bentuk dasar gerakan kaki dimana posisi telapak kaki saling merapat bagian tumit sedang bagian depan membuka 45 derajat (menghadap sudut).
Adalah bentuk dasar kaki yang paling dominan, yaitu posisi lutut kaki ditekuk (merendah). Posisi ini dilakukan selama menari.bentuk telapak kaki nggroda posisi kaki mendhak (lutut di tekuk).
Adalah posisi kaki dimana letak telapak kaki kanan agak di depan telapak kaki kiri dan kaki kiri dibelakang kaki kanan. Pada tari putri, tidak ada jarak antara telapak kaki kanan dan kaki kiri. Sedang pada tari putra alus berjarak satu telapak kaki, dan pada tari putra gagah lebih lebar lagi, dengan ukuran lebar kurang lebih 2 x telapak kaki.
6. Srisig
Srisig adalah posisi atau gerakan lari-lari kecil, dengan posisi kaki jinjit dan mendak (lutut ditekuk)
7. Jinjit
8. Trecet
Komentar
Posting Komentar